Monday, September 26, 2022

BPS Kayong Utara Gelar Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022

RKU FM – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kayong Utara, menggelar rapat koordinasi (rakor) pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) satu data perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat, di Hotel Mahkota, Sukadana, Senin, 19 September 2022.

Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas data terkini penyaluran bantuan sosial dan percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem dan ditindaklanjuti melalui surat Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan instruksi Presiden Nomor 4 2022, dimana BPS ditugaskan untuk melaksanakan pendataan awal registrasi sosial ekonomi 2022 secara lengkap pada seluruh penduduk/keluarga di Indonesia.

Atas hal itu, Kepala BPS Kayong Utara, Sugeng Junedi mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam membuat satu data program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga:   Hadiri LKPJ Tahun 2021, Wabup Effendi Sampaikan Empat Prioritas Pembangunan KKU

“Pengumpulan data kami dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober – 14 November 2022 dengan metode pengumpulan, dilaksanakan secara menyeluruh door to door dan dilengkapi geotag, sehingga nanti selain mendapatkan data penduduk berikut dengan informasi kondisi sosial ekonominya, juga diketahui lokasi dan foto bangunan atau fisik rumah pada penduduk yang dicirikan miskin,” kata Junedi.

Dalam melaksanakan kegiatan pendataan awal Regsosek, pihak BPS Kayong Utara akan dibantu oleh petugas yang sudah diseleksi dan dilatih secara khusus dengan tata kelola dan instruktur yang profesional.

“Jumlah pengumpul data di Kayong Utara sebanyak 198 petugas. Petugas lapangan tersebut terdiri dari pegawai BPS dan mitra BPS yang direkrut dari desa atau kelurahan setempat,” ucap Junedi.

Baca Juga:   Pemda Kayong Utara Bersama Ikatan Alumni Fisip Universitas Tanjungpura Gelar Vaksinasi Massal

Pasalnya, menurut dia, output ini nantinya akan membantu memudahkan dalam identifikasi dan intervensi oleh Pemerintah Daerah.

“Dan informasi yang dikumpulkan tentu bisa digunakan untuk berbagai program, bukan hanya perlindungan sosial, namun juga pemberdayaan masyarakat serta untuk menyukseskan Regsosek, terutama dalam 3 aspek, yakni pendataan lapangan, pemanfaatan data, serta komitmen dalam pemutakhiran,” terang Junedi.

Lebih lanjut, Ia berharap dukungan dari berbagi pihak untuk sosialisasi dan penyebarluasan informasi agar nantinya para petugas dapat diterima dengan baik di lapangan.

“Keberhasilan pendataan awal Regsosek merupakan hal yang mutlak. Untuk itu, melalui rapat koordinasi ini diharapkan terwujudnya kolaborasi dan sinergitas untuk menyukseskan Regsosek,” tutup Junedi. (kang)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,504FollowersFollow
20,100SubscribersSubscribe

Latest Articles

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE