Monday, September 26, 2022

Pemda Kayong Utara Apresiasi Terselenggaranya Ritual Mandi Safar di Kecamatan Simpang Hilir

RKU FM – Pemerintah Daerah Kayong Utara mengapresiasi terselenggaranya agenda rutin ritual mandi safar yang diadakan Pemerintah Desa Teluk Melano, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Ritual mandi safar kali ini dilaksanakan di tepian Sungai Teluk Melano tepatnya di Kafe Amanda, pada Rabu, 21 September 2022.

“Saya sangat bangga atas terlaksananya mandi safar tahun ini, karena ini salah satu tradisi yang harus dilestarikan mengingat sejarah yang cukup besar di Kerajaan Matan dan Kerajaan di Kalbar,” kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kayong Utara, Edi Rinaldi saat menghadiri acara tersebut.

Edi mengatakan, bahwa pihaknya juga mendukung tradisi budaya yang ada di wilayah Kabupaten Kayong Utara khususnya di Kecamatan Simpang Hilir untuk menjadi agenda tahunan.

Baca Juga:   Mahasiswa KKNT Institut Pertanian Bogor Adakan Praktik Pembuatan Nugget Ikan di Kepulauan Karimata

“Kami sangat mendukung sekali pelaksanaan acara kebudayaan yang ada di Kabupaten Kayong terkhusus dari Kerajaan Simpang Matan terutama sejarah dan situsnya terhadap undang-undang kemajuan kebudayaan,” ucapnya.

Diakuinya, meski sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19, namun pada tahun ini mandi safar bisa kembali terlaksana.

“Kami sudah melakukan koordinasi dari Bidang Kebudayaan siap memfasilitasi untuk kegiatan di tahun selanjutnya,” ungkap Edi.

Menurut dia, Kerajaan Simpang Matan memiliki sejarah dan situs terhadap undang-undang kemajuan kebudayaan yang ada.

Untuk itu, pemerintah daerah akan mendaftarkan mandi safar menjadi warisan budaya tak benda untuk tahun 2023.

“Kita saat ini tengah mengajukan mandi safar cuman belum sampai proses finish, masih banyak kalau mau di gali lagi. Karena sifatnya berjenjang, kita siapkan data pendukung untuk warisan budaya tak benda,” tutup Edi.

Baca Juga:   Keluarga Besar Tengku Abdul Hamid Bagikan Takjil Gratis di Sukadana

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Kayong Utara, AKBP Arief Hidayat beserta, Danramil Simpang Hilir, Peltu Nanang Koswara beserta jajaran, Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kayong Utara, Edi Rinaldi, Raja Simpang Matan, Gusti Muhammad Hukma, Kepala Desa Teluk Melano, Hasnawi, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat sekitar. (kang)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

0FansLike
3,501FollowersFollow
20,100SubscribersSubscribe

Latest Articles

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE